Buku Pelajaran Dinul Islam Dasar Berdasarkan Kurikulum Lembaga Pendidikan Al-Quran Dilengkapi dengan Wawasan Kebangsaan, Jilid 1

 

Ready Stock

Rp.20.000 Rp.15.000
Detail Produk:
  • Judul: Buku Pelajaran Dinul Islam Dasar Berdasarkan Kurikulum Lembaga Pendidikan Al-Quran Dilengkapi dengan Wawasan Kebangsaan, Jilid 1
  • Penulis: Drs. H. Sihabuddin, M.M.
  • Editor: 
  • Penerbit: Syiar Media Publishing: Semarang: 2024
  • ISBN: 978-623-99948-...- ...
Disclaimer: Pembelian buku akan di proses langsung setelah pembayaran di terima.

------------------------------------------------

Buku Pelajaran DINUL ISLAM DASAR Berdasarkan Kurikulm Lembaga Pendidikan Al-Quran Dilengkapi dengan Wawasan Kebangsaan sebagai Pengangan santri TKQ dan PAUD-Q yang ditulis oleh Ustadz Drs. H. Sihabudin, MM., ini bermuatan materi tentang ‘aqidah, syari’ah, ibadah, akhlaq, do'a harian, mahfudloh dan kisah Islami, serta dilengkapi dengan Sholawat-Sholawat Kebangsaan dan lagu-lagu perjuangan ini, sangat-sangat sesuai dengan Misi Pendidikan LPQ “MENYIAPKAN GENERASI QUR’ANI YANG KOKOH BER’AQIDAH, TAAT BERIBADAH, BERAKHLAQUL-KARIMAH, CINTA TANAH AIR DAN NKRI”.

Buku “DINUL ISLAM DASAR” ini sangat tepat untuk pegangan para SANTRI LPQ, dan penting untuk dimiliki oleh para Ustadz/Ustadzah sebagai panduan dalam melaksanakan program pembelajaran.

Buku ini disusun berdasarkan beberapa pertimbangan, yaitu: Pertama, Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 91 Tahun 2020 tentang “Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaraan Pendidikan Al-Qur’an” Bab II huruf D,3 disebutkan bahwa kurikulum TPQ terdiri dari kurikulum inti dan kurikulum penunjang. Pembelajaran terhadap kurikulum inti tentang Al-Qur’an sesuai dengan panduan metode masing-masing. Sedangkan pembelajaran terhadap kurikulum penunjang adalah menyangkut tentang aqidah, akhlaq, praktek ibadah, sejarah Islam, do’a harian dan lain-lain.

Kedua, Pada tahun 2015 BADKO TPQ Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Cq. Bidang PD Pontren telah membuat buku Panduan Kurikulum TPQ Jawa Tengah; Panduan Kurikulum TPQ Jawa Tengah tersebut juga mengacu pada
Pedoman Kurikulum TPQ Nasional tahun 2013.

Ketiga, Merujuk Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 91 Tahun 2020 tentang perubahan dari TPQ menjadi LPQ maka penyusunan buku “DINUL ISLAM DASAR’ ini disesuaikan dengan kurikulum LPQ yang tertuang dalam SK Dirjen Pendis Nomor 91 Tahun 2020 dimaksud.

Keempat, Pembelajaran di LPQ mempunyai ciri khas sendiri yaitu waktu belajar di sore hari antara jam 15.30-17.00, atau malam hari sehabis sholat Magrib sampai Isya’. Waktu belajar yang pendek itu harus dimanfaatkan dengan baik oleh para ustadz/ustadzah maupun para santrinya. Buku pelajaran
“DINUL ISLAM DASAR” ini sebagai pegangan bagi para santri LPQ baik TKQ/PAUD-Q dan TPQ/RTQ serta TQA/RTQ. Buku ini sangat praktis karena memuat materi dinul Islam dasar yang meliputi aqidah, syari’ah, ibadah, akhlak, doa harian, mahfudloh, kisah Islami dan lain-lain selaras dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6091 Tahun 2020 tentang “Kurikulum Nasional Pendidikan AlQur’an”.

Kelima, Merupakan salah satu panduan dan upaya untuk menyeragamkan pelaksanaan Ujian dan Wisuda Bersama yang dicanangkan oleh Badko LPQ Provinsi Jawa Tengah Tahun 2023.

Keenam, Kehadiran buku ini juga dapat membantu para ustdaz/ustadzah dalam proses belajar mengajar bisa efektif dan efisien sehingga tujuan pendidikan LPQ bisa tercapai dengan lebih baik.

-------------------------------------------------

Post a Comment